Pengertian Ideologi Pancasila, Fungsi, Makna, Dimensinya Terlengkap

Pengertian Ideologi Pancasila, Fungsi, Makna, Dimensinya Terlengkap

Selain bunyi kelima sila pancasila yang harus kita hafal, tak kalah pentingnya kita juga harus mengetahui mengenai ini. Sehingga kecintaan terhadap negara ini akan semakin bertambah.

Pengertian Ideologi Pancasila

Ideologi Pancasila merupakan nilai-nilai luhur budaya dan religius bangsa Indonesia. Pancasila berkedudukan sebagai dasar negara dan ideologi negara. Jadi, Ideologi pancasila adalah kumpulan nilai-nilai atau norma yang berdasarkan sila-sila pancasila.


Fungsi Pancasila sebagai Ideologi Negara

Menyatukan bangsa Indonesia, memperkokoh dan memelihara kesatuan dan persatuan.Membimbing dan mengarahkan bangsa Indonesia unutk mencapai tujuannya.Memberikan kemauan untuk memelihara dan mengembangkan identitas bangsa IndonesiaMenerangi dan mengawasi keadaan, serta kritis kepada adanya upaya untuk mewujudkan cita-cita yang terkandung di dalam pancasila.Sebagai pedoman bagi kehidupan bangsa Indonesia dalam upaya menjaga keutuhan negara dan memperbaiki kehidupan dari bangsa Indonesia.

Makna Ideologi Pancasila

Pancasila selain berkedudukan sebagai dasar negara juga berkedudukan sebagai Ideologi Nasional bangsa Indonesia.

Sehingga makna pancasila dari ketetapan tersebut bahwa nilai-nilai yang tercamtum dalam ideologi pancasila menjadi cita-cita normatif bagi penyelenggaraan bernegara.

Pancasila sebagai ideologi mempunyai makna sebagai berikut:

Nilai-nilai yang tercantum dalam Pancasila menjadi cita-cita normatif penyelenggaraan bernegara.Nilai-nilai yang tercantum dalam Pancasila merupakan nilai yang disepakati bersama dan oleh karena itu menjadi salah satu sarana pemersatu (integrasi) masyarakat Indonesia.

3 Dimensi Ideologi Pancasila

1. Dimensi Realita, artinya nilai-nilai dasar yang tercamtum di ideologi tersebut mencerminkan kenyataan hidup yang ada di dalam masyarakat dimana ideologi itu ada untuk pertama kalinya.

2. Dimensi Idealisme, artinya kualitas ideologi yang tercamtum dalam nilai dasar tersebut bisa memberikan harapan kepada berbagai kelompok dan masyarakat mengenai masa depan yang lebih baik.

3. Dimensi Fleksibilitas, artinya kemampuan ideologi dalam mempengaruhi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan masyarakatnya.

Referensi:
bachtiar52.wordpress.com/materi-pkn-smk/kelas-xi/pancasila-sebagai-ideologi-terbuka/
pengayaan.com/5-fungsi-pancasila-sebagai-ideologi-negara/
azizullah82.blogspot.co.id/2009/10/makna-pancasila-sebagai-ideologi.html

Source:http://www.yuksinau.id/ideologi-pancasila-pengertian-fungsi-makna/




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel