Zat-zat Berbahaya yang Digunakan dalam Perbaikan & Perawatan Mesin 

Zat-zat Berbahaya yang Digunakan dalam Perbaikan & Perawatan Mesin 

Sebagian besar zat kimia berbahaya yang digunakan dalam perbaikan dan perawatan mesin digunakan untuk membersihkan blok dan kepala mesin. Zat-zat kimia bersifat sangat caustic (dapat membakar kulit) – dapat mengakibatkan luka bakar serius, khususnya bila terkena mata. Jika zat kimia mengandung soda caustic (nama kimianya : Sodium Hidroksida) harus ditangani dengan sangat hati-hati. Zat tersebut menghasilkan panas pada saat dilarutkan dan jika dikerjakan dengan tidak benar, larutan tersebut dapat muncrat ke mata. 

Dua zat kimia yang biasa digunakan adalah Alkaline Soak Tank Degreaser dan Heavy Duty Alkaline Powder yang mengandung Soda Caustic, zat kimia yang bersifat korosif. 

Pada saat menyiapkan zat kimia ini untuk bagian mencuci tangki, petunjuk pemakaian harus benar-benar dipatuhi. 

 

Peralatan pelindung yang harus dipakai adalah : 

Sarung tangan anti zat kimia. Kaca mata pelindung dan masker pelindung. Pakaian pelindung. Sepatu kerja yang kuat. 

 

Minyak tanah dapat digunakan untuk membersihkan bagian-bagian mesin dan pelumas. Minyak tanah tidak korosif akan tetapi sebagai pelarut yang dapat menyebabkan dermatitis dan iritasi pada mata. Sarung tangan dan kaca mata pelindung harus dipakai. 

Bensin – digunakan untuk membersihkan bagian mesin akan tetapi tidak dianjurkan untuk digunakan. Mengandung zat kimia berbahaya (seperti Benzene, adalah pembentuk kangker) dan dapt menguap dengan cepat. Dapat menyebabkan keracunan dengan cara bersentuhan dan dengan terhirup. Juga dapat menyebabkan dermatitis. Jika bensin digunakan harus pada ruangan terbuka sehingga uapnya dapat hilang denga cepat. Sarung tangan dan kaca mata pelindung harus dipakai. 

 

Zat kimia lain termasuk pelumas semprot Penghilang karat dan pelumas lainnya. Kaca mata pelindung harus dipakai. 

Pembasuh mata harus tersedia di area kerja. Di sana juga harus tersedia keran air. Jika larutan pembersih mesin mengenai mata, harus segera dibasuh dengan banyak air dan dalam waktu yang lama. Petunjuk tindakan keselamatan pemakaian zat kimia harus dipatuhi.




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel