Pengertian Ilmu Pemerintahan Lengkap Menurut Para Ahli


C.F. Strong - ilmu pemerintahan : organization yang mana diletakkan hak pelaksanaan kekuasaan tertinggi atau berdaulat. Strong memandang pemerintahan lah yang mempunyai kekuasaan.

Inu Kencana Syafiee - Ilmu pemerintahan adalah cabang pengetahuan yang mempelajari bagaimana cara melakukan koordinasi dan kemampuan memimpin bidang eksekutif, yudikatif, dan legislatif dalam hubungan hubungan antar lembaga (pusat dan daerah) termasuk antara pemberi perintah dan pelaksana perintah.

Mariun - Ilmu Pemerintahan yaitu menunjuk kepada kegiatan atau fungsi-fungsi negara.Ilmu pemerintahan dalam arti luas menunjuk kepada segala kegiatan yang dilakukan oleh eksekutif, yudikatif, dan legislatif. Dalam arti sempit, Ilmu Pemerintahan  hanya memperhatikan  kegiatan eksekutif saja.

G.A Van Poelje - Ilmu pemerintahan adalah ilmu yang mempelajari tentang  memimpin masyarakat yang baik untuk kesejahteraan, kemakmuran sebesar-besarnya untuk rakyat dengan tidak merugikan pihak lain secara tidak sah.

Soemendar Soerjosoedarmo - Ilmu Pemerintahan merupakan ilmu yang mempelajari kegiatan- kegiatan kenegaraan dalam rangka pemenuhan kepentingan masyarakat secara menyeluruh.

Mac Iver - Ilmu Pemerintahan merupakan satu ilmu tentang bagaimana cara manusia bersedia diperintah

Source:
http://demokrasipancasilaindonesia.blogspot.co.id/2014/11/pengertian-ilmu-pemerintahan-definisi.html?m=1




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel