Pengertian Etnologi, Objek Kajian, dan Pembagiannya

Pengertian Etnologi, Objek Kajian, dan Pembagiannya

Pengertian Etnologi

Etnologi merupakan ilmu bagian dari antropologi budaya yang mencoba menelusuri asas-asas manusia. Hal ini dapat dilakukan dengan cara meneliti seperangkat pola kebudayaan suku bangsa yang menyebar diseluruh dunia. Jadi, ada beberapa objek yang menjadi kajian etnologi yaitu:

a).Mempelajari pola-pola kelakuan masyarakat seperti adat-istiadat perkawinan, struktur kekerabatan, sistem ekonomi dan politik, agama, cerita-cerita rakyat, kesenian dan musik, serta perbedaan pola tersebut dalam kehidupan masyarakat sekarang.

b).Mempelajari dinamika kebudayaan seperti perubahan dan perkembangan kebudayaan serta bagaimana suatu kebudayaan mempengaruhi kebudayaan lain, termasuk juga interaksi antara berbagai kepercayaan dan mekanisme pelaksanaannya dalam suatu kebudayaan serta dampaknya bagi kepribadian seseorang.

Dalam perkembangannya, subilmu etnologi terbagi menjadi dua golongan penelitian, yakni  golongan yang memberi perhatian  khusus pada bidang diakronik atau sering disebut descriptive integration, dan golongan yang lebih menekankan pada penelitian bidang sinkronik atau generalizing approach. Untuk penelitian-penelitian bidang diakronik selalu digunakan istilah ethnology atau etnologi dalam pengertian khusus, sedangkan penelitian-penelitian sinkronik sering disebut sebagai social anthropology atau antropologi sosial (Koentjaraningrat, 1992:4).

Etnologi sebagai suatu penelitian bidang diakronik mencoba mengolah dan menyatukan hasil-hasil penelitian dari antropologi fisik, etnolinguistik, ilmu prehistori (prasejarah), dan etnografi, sedangkan antropologi sosial dalam kajian etnologi berperan dalam mencari berbagai prinsip persamaan dalam aneka warna dari beribu-ribu masyarakat kebudayaan.

Referensi: Buku “Sosiologi Suatu Kajian Kehidupan Masyarakat” Kelas 1 SMA, KBK, Halaman 16, Penerbit: Yudhistira

Source: Pengertian




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel