Pengertian Ilmu Kealaman Dasar Lengkap

Ilmu alamiah merupakan ilmu pengetahuan yang mengkaji gejala-gejala dalam alam semesta, termasuk bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ilmu alamiah dasar merupakan kumpulan tentang konsep-konsep dasar dalam bidang ilmu pengetahuan alam dan teknologi. Dan, manusia sebagai subjek pokoknya yang dalam hal ini merupakan makhluk hidup yang paling tinggi kedudukannya. Salah satu indikatornya ialah sifat unik manusia.

A. Manusia yang bersifat Unik

Ciri-ciri Manusia :

Organ tubuhnya kompleks dan sangat khusus terutama otaknya.Mengadakan metabolisme atau pertukaran zat (ada yang masuk dan keluar)Memberikan tanggapan terhadap rangsangan dari dalam dan dari luar.Memiliki potensi untuk berkembang biakTumbuh dan bergerak.Beriteraksi dengan lingkungannya.Sampai pada saatnya mengalami kematian.
 

Akal budi dan kemauannya yang sangat kuat adalah sifat unik dari manusia. Inilah yang membedakan manusia dengan makhluk yang lain.

B. Kuriositas atau rasa ingin tahu dan akal budi

Rasa ingin tahu atau kuriositas pada hewan atau tumbuhan (makhluk lain) lebih berdasarkan oleh naluri (instinc), dan naluri itu bertitik pusat pada mempertahankan kelestarian hidup dan sifatnya tetap sepanjang zaman. Manusia juga mempunyai naluri sama seperti hewan atau tumbuhan, tetapi manusia mempunyai akal budi yang terus berkembang dan rasa ingin tahu yang tidak terpuaskan.

Sesuatu masalah yang telah dapat dipecahkan maka akan timbul masalah lain yang menunggu pemecahannya, manusia setelah tahu "apanya" maka ingin tahu "bagaimana" dan "mengapa".

Contohnya : tempat tinggal manusia purba sampai manusia modern, atau seperti penyakit yang telah ditemukan obatnya, menunggu penyakit lain yang menunggu ditemukan obatnya (misal:HIV/AIDS).

 

C. Perkembangan Alam Pikiran manusia

Manusia yang mempunyai rasa ingin tahu terhadap rahasia alam, mencoba menjawab dengan menggunakan pengamatan dan penggunaan pengalaman, tetapi sering upaya tersebut tidak terjawab secara memuaskan. Pada manusia kuno, untuk memuaskan pertanyaan yang ada dihatinya, mereka menjawabnya sendiri. Misalnya mengapa ada pelangi? Menurut mereka, pelangi merupakan selendang bidadari yang hendak turun kebumi. Atau mengapa gunung meletus atau terjadi gempa bumi? Mereka menjawab, gunung meletus atau adanya gempa bumi, dikarenakan penguasa setempat (jin atau makhuk ghaib) sedang marah. Pengetahuan baru tersebut muncul dari kombinasi antara pengalaman dan kepercayaan yang disebut mitos. Cerita-serita mitos disebut legenda. Sehubungan dengan perkembangan zaman, lahirlah ilmu pengetahuan dan metode pemecahan masalah secara ilmiah yang disebut metode ilmiah.

Source: catatan-charamel




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel