Ilmu Logam; Ekstratif, Adaptif, Metalurgi, Metalografi



Ilmu Logam adalah suatu pengetahuan tentang logam-logam yang menjelaskan tentang: sifat-sifat, struktur, pembuatan, pengerjaan, dan penggunaan dari logam dan panduannya. Dalam ilmu logam sebenarnya dibedakan dalam istilah-istilah sebagai berikut.

Ilmu logam ekstratif, yaitu yang menerangkan tentang produksi logam yang meliputi dasar pengolahan dan penyelidikan mulai dari bijih logam.
Ilmu logam adaptif, menerangkan tentang sifat-sifat fisik yang tampak dari logam sehingga dapat membantu dalam pemilihan suatu logam untuk keperluan penggunaannya.
Metalurgi, pengetahuan logam atas dasar cara memisahkan unsur-unsur logam dari bijih-bijih logam dan mineral. Metalurgi, ilmu yang menerangkancara pemisahan logam dari ikatan unsur-unsurnya atau cara pengolahan logam sehingga diperoleh suatu jenis logam untuk suatu kebutuhan tertentu.
Metalografi, yaitu ilmu tentang penyelidikan logam untuk mengetahui sifat, struktur, kadar logam, dari suatu logam atau paduan logam.

Karena luasnya ilmu pengetahuan logam dan kemajuan yang pesat dibidang teknologi dewasa ini, maka sering terjadi kerancuan sehingga terdapat interpretasi yang berbeda untuk menentukan cabang ilmu tersebut.
sumber: aryadidwi



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel