Ilmu Kimia : Pengertian, Cabang, Peranannya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Ilmu Kimia : Pengertian, Cabang, Peranannya Dalam Kehidupan Sehari-hari

PENGERTIAN ILMU KIMIA

Kimia itu apa sih? Ada beberapa pengertiannya, diantaranya:

Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang susunan, struktur, sifat, perubahan materi, serta energi yang menyertai perubahan tersebut.Ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari tentang peristiwa atau fenomena yang terjadi dialam, lebih spesifiknya lagi mempelajari tentang materi dan perubahan yang menyertainya. 

CABANG ILMU KIMIA

Cabang ilmu kimia itu banyak, apa aja sih? Ini diantaranya:

 Kimia Fisika : Kimia Fisika merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari tentang perubahan struktur materi dan juga sifat-sifat materi melalui mekanisme perubahan kimia (reaksi kimia) serta energi yang menyertai perubahan kimia tersebut. Intinya begini, jadi kimia fisika mempelajari perubahan struktur dan sifat materi yang berubah karena adanya reaksi kimia. Dalam perubahan ini, pasti terjadi pengikatan atau pelepasan energi (kalor), nah energi inilah yang juga dipelajari dalam kimia fisika.  Contoh yang sederhana adalah perubahan kayu menjadi arang melalui reaksi kimia (pembakaran) dengan melepaskan kalor (energi)Kimia Organik : Kimia Organik merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari tentang struktur, reaksi, mekanisme ikatan kimia, proses pembuatan dan kegunaan senyawa-senyawa organic, misalnya senyawa hidrokarbon pada minyak bumi.Kimia Anorganik : Kimia anorganik merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari tentang unsur-unsur, senyawa, mekanisme pembentukan senyawa dari unsur-unsurnya, serta pemanfaatan senyawa-senyawa kimia. Biokimia : Biokimia merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari zat-zat kimia dan reaksi-reaksi kimia yang terdapat dalam proses-proses biologi, seperti fotosintesis dan metabolisme pada makhluk hidup.Kimia Analitik : Kimia analitik merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari tentang cara menganalisis zat atau bahan kimia secara menyeluruh (kualitatif dan kuantitatif)Kimia Lingkungan : Kimia lingkungan merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari tentang interaksi dan dampak yang ditimbulkan dari zat kimia, serta reaksi-reaksi kimia dalam lingkungan, seperti pencemaran lingkungan.Kimia Makanan : Kimia makanan merupakan cabang ilmu kimia yang mempelajari tentang komposisi zat kimia dan reaksi kimia pada makanan.Kimia nuklir : Kimia nuklir mengkaji bagaimana partikel subatom bergabung dan membentuk inti. Transmutasi modern adalah bagian terbesar dari kimia nuklir dan tabel nuklida merupakan hasil sekaligus perangkat untuk bidang ini.

Masih banyak bidang lainya seperti astrokimia, biologi molekular, ilmu bahan, fitokimia, fotokimia, farmatologi serta termokimia.

KIMIA DALAM KEHIDUPAN KITA

Kimia dalam kehidupan sehari - hari ada dimana-mana, semua yang anda rasakan, anda cium, anda cicipi adalah kimia. Ketika kamu menangis terjadi reaksi kimia, ketika kamu laper terjadi reaksi kimia, sehingga mempelajari kimia sangat penting untuk mengetahui sebenarnya apa yang terjadi didunia ini.

Kebanyakan orang salah paham dengan kimia, hal ini perlu diluruskan ( Baca: Jangan salah paham dengan kimia). Mereka menggap bahwa kimia hanya ada di labor, kimia hanya ada pada makanan berhaya. Padahal para ahli meyakini bahwa segala sesuatu di Alam ini adalah kimia.

PERAN ILMU KIMIA

Ilmu kimia berperan dalam peningkatan kesejahteraan manusia dan perkembangan lain, misalnya dalam pemenuhan kebutuhan lain, misalnya dalam pemenuhan kebutuhan rumah tangga, kemajuan ilmu kedokteran, peningkatan produktivitas pertanian, kemajuan teknologi, transportasi, penegakan hukum, kelestarian lingkungan dan kemajuan fotografi dan seni.

CONTOH PERAN ILMU KIMIA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Dengan bantuan ilmu kimia telah diciptakan alat pencuci darah (haemodialisis) yang sangat membantu pasien sakit ginjal.Penemuan para ahli kimia dalam mempelajari silikon yang merupakan bahan dasar untuk membuat microprocessor, menyebabkan komputer semakin kecil ukurannya dan semakin canggih.Peningkatan produksi pertanian memerlukan dukungan ilmu kimia, misalnya pembuatan bibit unggul dengan rekayasa genetika, pembuatan pupuk buatan dan pestisida.Para ahli kimia membantu polisi untuk mencari bukti kejahatan seseorang, misalnya untuk mengidentifikasi korban bom, korban kebakaran yang tidak dapat dikenali wajahnya, diperlukan sidik DNA dalam proses penyidikan.Penemuan foto berwarna tidak terlepas dari peranan ahli kimia dalam membuat zat warna yang peka cahaya.Dll.

Sumber:

http://www.chem-is-try.org/materi_kimia/kimia-kesehatan/ruang-lingkup-ilmu-kimia/peran-ilmu-kimia-dan-rangkuman/http://nitanium.blogspot.com/2012/06/ilmu-kimia-pengertian-dan-manfaatnya.htmlhttp://akukimia.blogspot.com/2012/01/pengertian-ilmu-kimia.htmlhttp://sitirachmawati.wordpress.com/2011/12/14/pengenalan-ilmu-kimia

Source: izatizza




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel