Pengertian Ilmu Farmakologi dan Cabang-Cabangnya Terlengkap Untuk Anda


HERBAFILIA - Secara harfiah, farmakologi berasal dari kata “pharmacon” (obat) dan “logos” (ilmu pengetahuan), sehingga lengkapnya istilah farmakologi berarti ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang obat dan efek zat asing (eksogen) terhadap suatu organisme.

Lebih lanjut, pengertian  farmakologi dalam dunia pendidikan didefinisikan sebagai ilmu yang mempelajari obat dan peran sertanya dalam metabolisme pada sistem biologi.

Farmakologi juga mempelajari asal-usul atau sumber obat, sifat fisika-kimia, cara pembuatan, efek biokimiawi dan fisiologi yang ditimbulkan, perjalanan obat dalam tubuh, dan lain-lain. Definisi farmakologi yang lain adalah zat kimia yang dapat mempengaruhi jaringan biologi. Dari sekian banyak definisi farmakologi, topik utamanya adalah sama yaitu tentang bahan-bahan obat. 

Definisi Obat

Menurut WHO, obat adalah zat yang dapat mempengaruhi aktifitas fisik atau psikis. Sedangkan menurut Kebijakan Obat Nasional (KONAS), pengertian obat adalah bahan atau sediaan yang digunakan untuk mempengaruhi atau menyelidiki sistem fisiologi atau kondisi patologi dalam rangka penetapan diagnosis, pencegahan, penyembuhan, pemulihan dari rasa sakit, gejala sakit, dan atau penyakit, untuk meningkatkan kesehatan, dan kontrasepsi.

Dengan pengertian obat menurut KOMAS tersebut, maka obat merupakan bahan yang terkemas, diberi label dan penandaan yang memuat informasi pernyataan dan atau klaim.

Cabang-Cabang Farmakologi

Farmakologi mempunyai cabang-cabang ilmu yang mempelajari obat secara lebih spesifik. Cabang-cabang farmakologi adalah sebagai berikut:

Farmakodinamik, adalah ilmu yang mempelajari cara kerja obat, efek obat terhadap faal tubuh dan perubahan biokimia tubuh.Farmakokinetik, adalah ilmu yang mempelajari cara pemberian obat, biotranformasi atau perubahan yang dialami obat di dalam tubuh dan cara obat di keluarkan dari tubuh (ekskresi).Farmakoterapi, merupakan cabang ilmu farmakologi yang mempelajari penggunaan obat untuk pencegahan dan menyembuhkan penyakitFarmakognosi, adalah cabang ilmu farmakologi yang mempelajari sifat-sifat tumbuhan dan bahan lain yang merupakan sumber obatKhemoterapi, adalah cabang ilmu farmakologi yang mempelajari pengobatan penyakit yang disebabkan oleh mikroba patogen termasuk pengobatan neoplasmaToksikologi, adalah ilmu yang mempelajari keracunan zat kimia termasuk obat, zat yang digunakan dalam rumah tangga, industri, maupun lingkungan hidup lain. Dalam cabang ini juga dipelajari cara pencegahan, pengenalan dan penanggulangan kasus-kasus keracunan.Farmasi, adalah membidangi ilmu yang meracik obat, penyediaan dan penyimpan obat, pemurnian, penyempurnaan dan penyajian obat.Dari cabang-cabang farmakologi di atas, farmakologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari aspek yang sangat luas dan mencakup banyak bidang.

Antara lain bidang kimia, botani, fisiologi, patologi, mikrobiologi, dan toksikologi. Dalam prakteknya, bahasan tentang farmakologi tidak lepas dari toksikologi karena sesuai dengan teori Paracelsus yaitu Dosis adalah yang Meyebabkan Racun.

Source:http://herbafilia.blogspot.co.id/2014/09/Definisi-Farmakologi-dan-Cabang-Cabang-Ilmu-Farmakologi.html?m=1




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel