Pengertian Ilmu Fisiologi atau Fa'al Lengkap

Pengertian Ilmu Fisiologi atau Fa'al Lengkap

"Fisiologi itu apa sih?". Mungkin buat kalian yang baru masuk SMA (atau SMP mungkin) akan diperdengarkan yang namanya Fisiologi waktu pelajaran biologi. Iya gak?? Hihihi. Tenang, dalam tulisan kali ini saya akan memperkenalkan apa itu Fisiologi buat kalian yang belum tau dan berhasrat besar untuk ingin tau.

Ada banyak cara untuk mendefinisikan fisiologi. Agar lebih mudah, maka saya buat paparan ini dalam poin-poin.

Fisiologi Merupakan Cabang Ilmu Biologi 

Sudah tau kan biologi itu apa? Biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup. Jadi, ketika kalian berbicara tentang fisiologi jangan berharap yang dibicarakan adalah benda-benda mati (walaupun benda matinya adalah boneka yaaa itu tetap benda mati :p)


Fisiologi Terdiri dari 2 Kata (bahasa yunani), yaitu :

Physis : artinya asal-usul atau hakikatLogos : artinya ilmu atau kajian


Fisiologi Disebut Juga Sebagai  Ilmu Faal Tubuh

Faal (bahasa Arab : Fa'al) artiya adalah fungsi, kerja. Jadi fisiologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang fungsi dan juga mekanisme kerja berbagai organ tubuh makhluk hidup. Fungsi dan mekanisme kerja ini dipelajari dari tingkatan sel, jaringan, organ hingga sistem organ makhluk hidup. Contohnya, di fisiologi kamu bisa tau sebenernya gimana sih kok jantung itu bisa berdetak? Gimana caranya mata kita bisa melihat suatu benda? atau gimana sih proses burger yang kita makan bisa keluar dalam bentuk tinja? Semuanya bisa terjawab jika kalian mempelajari fisiologi. Mulai tertarik?? :D 


Fisiologi Merupakan Ilmu Pendamping Anatomi

Sudah pernah dengar tentang Anatomi? Secara singkat, anatomi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang bentuk, struktur atau susunan tubuh makhluk hidup. Misalnya, bentuk gigi taring itu tajam. Nah, hal-hal seperti inilah yang dipelajari dalam anatomi.


Loh, hubungannya sama fisiologi apa? Jika kita kembali ke poin sebelumnya, fisiologi merupakan ilmu yang mempelajari fungsi tubuh. Jadi, di fisiologi akan membahas "kenapa sih gigi taring itu tajam? emang fungsinya apa?". Dan ketika kalian belajar fisiologi, maka kalian akan tahu bahwa gigi taring itu diciptakan dengan bentuk yang tajam karena fungsinya untuk mengoyak makanan. 


Jadi kira-kira anatomi tanpa fisiologi adalah seperti ini : "Gigi taring itu tajam". Sudah. Selesai. Then so what? Apa banget kan? Nah, ketika didampingi dengan fisiologi akan jadi seperti ini : "Gigi taring itu tajam karena fungsinya adalah untuk mengoyak makanan". Lebih jelas, lebih rinci, lebih terpuaskan rasa ingin taunya.


Apakah Fisiologi Hanya Berkaitan dengan Anatomi Saja?

Tentu tidak. Ilmu-ilmu yang berkaitan dengan Fisiologi banyaaaaak sekali. Ada biokimia, patologi, farmakologi, reproduksi dan banyak banget yang lainnya


Berdasarkan Objek yang Dipelajari, Fisiologi Dibedakan Menjadi 

Fisiologi Manusia Fisiologi Hewan Fisiologi Tumbuhan

Mungkin itu sedikit penjelasan yang dapat mendefinisikan fisiologi. Semoga dapat bermanfaat bagi semua pembaca. Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya :D

DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2000. Jendela IPTEK Seri 9 : Tubuh Manusia. Jakarta : Balai Pustaka Jakarta.

Anonim. 2014. Fisiologi. https://id.wikipedia.org/wiki/Fisiologi (diakses pada 12 Desember 2015).

Gibson, J. 2003. Fisiologi & Anatomi Modern Untuk Perawat. Edisi ke-2. Jakarta : Penerbit EGC

Source:http://duniafisiologi.blogspot.co.id/2015/12/definisi-fisiologi-fisiologi-itu-apa-sih.html?m=1




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel