Pengertian Ilmu Farmasi Terlengkap

Ilmu Farmasi adalah ilmu yang mempelajari cara membuat, mencampur, meracik formulasi obat, identifikasi, kombinasi, analisis dan standarisasi / pembakuan obat serta pengobatan, termasuk dalam sifat-sifat obat dan distribusinya serta penggunaan yang aman.
Ilmu Farmasi dalam bahasa Yunani disebut farmakon yang berarti medika atau obat, sedangkan ilmu resep adalah ilmu yang mempelajari tentang cara penyediaan obat-obatan menjadi bentuk tertentu (meracik) hingga siap digunakan sebagai obat.

Pandangan Terhadap Ilmu Farmasi
Ada pandangan bahwa ilmu ini mengandung arti seni sehingga dapat dikatakan bahwa ilmu resep adalah ilmu yang mempelajari seni meracik obat (art of drug compounding, terutama ditunjukan untuk melayani resep dari dokter. Oleh karena Itu, profesi farmasi merupakan profesi yang berhubungan dengan seni dan ilmu dalam penyediaan (pengolahan) bahan sumber alam dan bahan sintetis yang cocok dan menyenangkan untuk didistribusikan dan digunakan dalam pengobatan dan pencegahan suatu penyakit.


Penyediaan obat-obatan disini mengandung arti pengumpulan, pengenalan, pengawetan dan pembakuan bahan obat-obatan. Melihat ruang lingkup dunia farmasi yang cukup luas maka mudah dipahami bahwa ilmu resep tidak dapat berdiri sendiri tanpa kerja sama yang baik dengan cabang ilmu lain, seperti fisika, kimia, biologi, dan farmakologi.


Pada waktu seseorang mulai masuk ke dalam pendidikan kefarmasian berarti dia mulai mempersiapkan dirinya untuk melayani masyarakat dalam hal :
Memenuhi kebutuhan obat-obatan yang aman dan bermutu.
Pengaturan dan pengawasan distribusi obat-obatan yang beredar di masyarakat.
Meningkatkan peranan dalam bidang penyelidikan dan pengembangan obat.


Pelajar atau mahasiswa yang Mempelajari resep berarti mempelajari penyediaan obat-obatan untuk kebutuhan pasien. seseorang akan sakit jika mendapatkan serangan dari bibit penyakit, sedangkan bibit penyakit tersebut telah ada sejak diturunkannya mausia pertama.
sumber:
http://obatgeneric.blogspot.co.id/2016/11/ilmu-farmasi-dan-pengertianya.html



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel