Makalah Perancangan Web Terlengkap

       Puji syukur penulis kehadirat Allah SWT, yang atas rahmat-Nya maka penulis dapat menyelesaikan tugas akhir ujian semester perancangan website yang berjudul “Rancangan Website Profil Pendidikan Matematika”.

       Dalam penulisan ini penulis merasa banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini

        Dalam penulisan makalah ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga kepada pihak-pihak yang membantu dalam menyelesaikan makalah website ini, khususnya kepada :

1.      Sulfikar Sallu,S.Kom,M.Kom. Selaku Dosen Mata Kuliah Perancangan Web.

2.      Teman-teman yang membantu dalam penyusunan makalah dan website ini.

       Akhirnya penulis berharap semoga Allah memberikan imbalan yang setimpal pada mereka yang telah memberikan bantuan, dan dapat menjadikan semua bantuan ini sebagai ibadah, Amiin Yaa Robbal ‘Alamiin

Tanjungpinang, 20 Juli 2015

                                                                                                                 Aris Kurniawan

NIM: 140155201067

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang

         Perkembangan dan kemajuan teknologi computer di segala bidang ilmu pengetahuan memang menjadi satu hal yang sangat penting bagi setiap orang dalam komunikasi. komputer biasanya digunakan untuk menghasilkan atau membuat suatu informasi untuk memberikan akses informasi secara cepat dan tepat.

         Dengan Perkembangan zaman seperti sekarang ini berita-berita dan artikel-artikel menarik tidak hanya terdapat di Koran-koran dan majalah saja, dengan media online kita dapat juga membaca artikel-artikel yang menarik lainnya.

         Dengan banyaknya website yang berlatarkan berita-berita, saya ingin membuat sebuah website sederhana. Dimana didalam website ini saya membuat sedikit berita dengan judul“Profil Prodi Pendidikan Matematika di Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)”.didalam website ini saya menggunakan HTML (Hyper Text Markup Langue) dan Wordpress, database, PHP untuk membuat web.

         Wordpress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat popular digunakan sebagai mesin blog (blog engine). Wordpress dibangun dengan bahasa pemograman PHP dan basis data (database) MySQL, PHP dan My SQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software).selain sebagai blog, Wordpress juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya.

1.2    Batasan Masalah

         Agar pembahasan masalah tidak menyimpang dari tujuan penulisan, maka berikut adalah beberapa batasan yang perlu diperhatikan, yaitu:

·         Website ini dibuat penulis dengan bentuk sederhana, masih banyak informasi yang belum lengkap didalam website ini

·         Website ini belum melakukan kerja sama kepada pihak mana pun dikarenakan website ini sebagai syarat tugas akhir dimata kuliah Perancangan Web.

1.3    Tujuan

Adapun tujuan dari pembuatan website ini adalah sebagai berikut:

·         Menjadikan sebuah website sebagai sumber inspirasi bagi user yang menggunakan.

·         Menghemat biaya agar tidak perlu membeli Koran atau majalah

·         Menjadikan website sebagai wadah artikel-artikel user dan tentu nya berisikan informasi pendidikan matematika UMRAH

·         Sebagai saran pembelajaran dalam membuat website dalam menyampaikan sebuah informasi dalam membuat Tugas Akhir Perancangan Web.

 

1.4    Manfaat

Manfaat penulis dalam perancangan website ini adalah sebagai berikut:

·         Mempermudah user atau seseorang untuk mengetahui berita terbaru

·         Memberi informasi kepada pembaca tentang Profil Prodi Pendidikan Matematika di Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH)

·         Dengan membuat website ini penulis dapat mengetahui bagaimana merancang website dengan baik dan dengan merancang website ini dapat bermanfaat untuk penulis dalam menyelesaikan Tugas Akhir ini.




BAB II

LANDASAN TEORI

2.1 Sekilas Tentang Wordpress

CMS Wordpress | Wordpress.Org,  CMS Wordpress adalah salah satu CMS yang paling banyak digunakan orang. CMS ini dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. CMS Wordpress ini sangat populer sebagai blog engine, namun meskipun dikategorikan sebagai CMS blog, CMS ini sangat powerfull dan dapat dikembangkan untuk dijadikan sebuah CMS website lainnya karena CMS Wordpress termasuk Open Source. Karena Open Source, CMS Wordpress ini mudah untuk dikembangkan dan dimodifikasi oleh penggunanya. Hal mudah yang dapat dimodifikasi adalah dari struktur templatenya. Dan bagi yang sudah familiar dengan pemrograman php mysql, maka modifikasi akan berlanjut ke penambahan function-function CMS ini, sehingga akan dihasilkan sebuah website yang powerfull.

Sejarah Wordpress

Sejarah WordPress dimulai saat Matt Mullenweg yang merupakan pengguna aktif dari b2 mengetahui bahwa proses pengembangan b2 dihentikan oleh pemrogramnya (programmer) yang bernama Michel Valdrighi, Matt Mullenweg merasa sayang dan mulai melanjutkan pengembangan b2.WordPress muncul pertama kali di tahun 2003 hasil kerja keras Matt Mullenweg dengan Mike Little. Yang membuat WordPress makin terkenal, selain karena banyaknya fitur dan tampilan yang menarik, adalah juga karena dukungan komunitas terhadap perangkat lunak sumber terbuka untuk blog. (sumber : Wikipedia)

a. Fitur

Wordpress memiliki system template web menggunakan prosesor template.

b.Tema

Pengguna Wordpress dapat menginstall dan beralih di antara tema. Tema memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan dan fungsionalitas dari situs Wordpress atau instalasi tanpa mengubah isi informasi atau struktur situs. Tema dapat di instal menggunakan Wordpress “penamppilan” alat administrasi atau folder tema dapat di-upload melalui FTP, PHP, HTML & CSS code yang ditemukan dalam tema dapat ditambahkan atau diedit untuk menyediakan fitur-fitur canggih. Ribuan tema wordpress ada, beberapa bebas, dan beberapa premium (dibayar) template

c. Plugin

Salah satu fitur yang sangat popular adalah wordpress asrsitektur plugin yang memungkinkan pengguna dan pengembang untuk memperluas kemampuannya di luar instalasi inti. Wordpress memiliki database lebih dari 26.000 plugin, yang masing-masing menawarkan fungsi cutom dan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan situs mereka dengan kebutuhan khusus mereka. Sebelum Wordpress 3.0, Wordpress didukung satu blog per instalasi, meskipun beberapa salinan bersamaan dapat dijalankan dari direktori yang berbeda jika dikonfigurasi untuk menggunakan table database yang terpisah. Wordpress Multi-User (Wordpress MU, atau WPMU) adalah sebuah garpu dari wordpress diciptakan untuk memungkinkan beberapa blog untuk eksis dalam satu instalasi tetapi dapat diberikan oleh pengguna terpusat. Wordpress MU memungkinkan bagi mereka dengan situs untuk menjadi tuan rumah komunitas blogging mereka tersendiri tunggal. Wordpress MU menambah delapan table data baru untuk setiap blog.

d. Mobiles

Aplikasi asli ada untuk WebOS, Android, iOS(iPhone, iPoud Touch, iPad),Windows Phone, dan Blackberry aplikasi ini, dirancang oleh Automatic. Memungkinkan seperangkat terbatas pilihan, yang meliputi menambahkan posting blog baru dan halaman, komentar, moderasi komentar, membalas komentar disamping kemampuan untuk melihat statistic.

e. Fitur lain

Wordpress juga fitur manajemen link terintegrasi, sebuah mesin pencari ramah, stuktur permalink bersih, kemampuan untuk menetapkan bersarang, beberapa kategori untuk artikel, dan dukungan untuk tag posting dan artikel. Filter otomatis juga termasuk, menyediakan format standard an styling dari teks dalam artikel (misalnya, mengubah tanda kutip biasa untuk tanda kutip pintar). Wordpress juga mendukung standar Trackback dan pingback untuk menampilkan link ke situs lain yang memiliki sendiri dihubungkan dengan sebuah posting atau artikel. Sejarah b2/cafelog, lebih dikenal hanya sebagai b2 atau cafelog, adalah pelopor Wordpress. B2/cafelog diperkirakan telah digunakan disekitar 2.000 blog pada mei 2003. Hal ini ditulis dalam PHP untuk digunakan dengan MySQL oleh Michel Valdrighi, yang sekarang menjadi pengembang berkontribusi terhadap Wordpress.

2.2  Sekilas Tentang Xampp

XAMPP adalah program aplikasi pengembang yang berguna untuk pengembangan website berbasis PHP dan MySQL. Sampe saat tutorial ini dibuat, versi terbaru XAMP adalah XAMPP 1.8.3.0.Software XAMPP dibuat dan dikembangkan oleh Apache Friends. Perangkat lunak komputer ini memiliki kelebihan untuk bisa berperan sebagai server web Apache untuk simulasi pengembangan website. Tool pengembangan web ini mendukung teknologi web populer seperti PHP, MySQL, dan Perl. Melalui program ini, programmer web dapat menguji aplikasi web yang dikembangkan dan mempresentasikannya ke pihak lain secara langsung dari komputer, tanpa perlu terkoneksi ke internet. XAMPP juga dilengkapi fitur manajemen database PHPMyAdmin seperti pada server hosting sungguhan, sehingga pengembang web dapat mengembangkan aplikasi web berbasis database secara mudah.Program XAMPP banyak diaplikasikan dan digunakan oleh kalangan pengguna komputer di bidang pemrograman web. XAMPP merupakan software gratis. XAMPP dapat dijalankan di sistem operasi Windows 2000/XP/Vista/7 dan sistem operasi lain.

       Fungsi XAMPP sendiri adalah sebagai server yang berdiri sendiri (localhost), yang terdiri beberapa program antara lain : Apache HTTP Server, MySQL database, dan penerjemah bahasa yang ditulis dengan bahasa pemrograman PHP dan Perl. Nama XAMPP sendiri merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl. Program ini tersedia dalam GNU General Public License dan bebas, merupakan web server yang mudah untuk digunakan yang dapat menampilkan halaman web yang dinamis. Untuk mendapatkan XAMPP anda dapat mendownload langsung dari web resminya. Dan berikut beberapa definisi program lainnya yang terdapat dalam        Xampp.

1. Server HTTP Apache atau Server Web/WWW Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi seperti (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP.

2. MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok       dengan         penggunaan  GPL.

3. PHP: Hypertext Preprocessor adalah bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis. PHP dapat digunakan untuk membangun  sebuah CMS.

4. phpMyAdmin adalah perangkat lunak bebas yang ditulis dalam bahasa pemrograman PHP yang digunakan untuk menangani administrasi MySQL melalui Jejaring Jagat Jembar (World Wide Web). phpMyAdmin mendukung berbagai operasi MySQL, diantaranya (mengelola basis data, tabel-tabel, bidang (fields), relasi (relations), indeks, pengguna (users), perijinan (permissions), dan lain-lain).Pada dasarnya, mengelola basis data dengan MySQL harus dilakukan dengan cara mengetikkan baris-baris perintah yang sesuai (command line) untuk setiap maksud tertentu. Jika seseorang ingin membuat basis data (database), ketikkan baris perintah yang sesuai untuk membuat basis data. Jika seseorang menghapus tabel, ketikkan baris perintah yang sesuai untuk menghapus tabel. Hal tersebut tentu saja sangat menyulitkan karena seseorang harus hafal dan mengetikkan perintahnya satu per satu.

Saat ini banyak sekali perangkat lunak yang dapat dimanfaatkan untuk mengelola basis data dalam MySQL, salah satunya adalah phpMyAdmin. Dengan phpMyAdmin, seseorang dapat membuat database, membuat tabel, mengisi data, dan lain-lain dengan mudah, tanpa harus menghafal baris perintahnya. phpMyAdmin merupakan bagian untuk mengelola basis data MySQL yang ada di komputer. Untuk membukanya, buka browser lalu ketikkan alamat http://localhost/phpmyadmin, maka akan muncul halaman phpMyAdmin. Di situ nantinya seseorang bisa membuat (create) basis data baru, dan mengelolanya









BAB III

DESAIN DAN IMPLEMENTASI

3.1 Cara menginstalasi XAMPP 1.7.2

XAMPP merupakan sebuah paketinstalasi untuk PHP, APACHE danMySQL. Dengan menggunakan XAMPP,kita tidak perlu lagi repot menginstallketiga software itu secara terpisah.XAMPP dapat di download di http://www.apachefriends.org/en/index.html.  Di tutorial ini yang digunakanadalah XAMPP 1.7.2 untuk windows

1.   Jalankan file xampp-win32-1.7.2.exe

2.   Kemudian akan tampil windowuntuk menentukan lokasi instalasi. Disini saya pilih

C:\ . Jika dipilih C:\ , XAMPP akandiiinstall di C:\XAMPP.langsung klikInstall


3.   Proses instalasi akan berjalan.Tunggu beberapa saat

                                                                                        

4.   Akan muncul command promptbeberapa kali.   Yang pertama adalahpenambahkan shortcut didesktop/startmenu.  Jika inginditambahkan  shortcut, tekan ykemudian enter

5.   Untuk melanjutkan tekan lagikemudian enter

6.   Selanjutnya kita ditanyakan apakahingin menginstall XAMPP secaraportable. Jika ingin install portable,pilih y. Tapi di sini saya akan installdi komputer, makanya saya pilih n.Kemudian enter

7.   XAMPP telah siap, tekan Enter 2 kaliuntuk melanjutkan











8.   Instalasi selesai, pilih kemudianenter untuk menjalankan XAMPPControl Panel.

Selanjutnya pilih untuk keluar dariproses instalasi

9. Aktifkan Service Apache danMySQL melalui XAMPP ControlPanel. Klik tombol  Start. XAMPPControl Panel bisa diakses daridesktop atau start menu. Jika tidakada, langsung saja akses keC:/xampp/xampp-control.exe

10. Kita sudah berhasil  menginstall XAMPP,  artinya  kita sudahberhasil  install PHP, APACHE   dan  MYSQL.   Buka   browser   dan  ketikkan    http://localhost memastikan  XAMPP  sudah  selesai terinstall.  Jika  hasilnya  seperti  di bawah  ini, instalasi sukses

3.3 Cara Membuat Database

1. Silahkan buka Browser Internet danketikan localhost di adress bar kemudianenter.

Jika muncul halaman “Xampp ForWindows” berarti kita sudah berhasilmembuat server lokal dan siap untuk di instal engine website wordpress.

2. Sebelum kita meng-instal Wordpress sebagai CMS (Conten Management System) website, maka kita harus menyiapkan database terlebih dahulu.

Langkah membuat database diphpMyAdmin, silahkan klik menu “phpMyAdmin”  lihat pada gambar yang dilingkari merah.

3.Langkah awal anda harus ketikan  nama database. seperti berikut ini gambaran nya lalu create database anda

4.Setelah itu database anda berhasil di create dan seperti inilah tampilannya

5.Setelah itu anda memilih berapa banyak kolom yang mau anda buat, setelah itu muncul laman kolomnya harus anda isi untuk membuat database anda

6.Setelah itu table anda buat telah tersimpan

3.3 Cara Menginstall Wordpress

1. Ketika Software Xampp telah terinstal dengan sukses dan service  Apache danMySql telah

“running” kemudian database telah kita buat di phpMyAdmin, langkah selanjutnya adalah

menyiapkan master software engine wordpress yang bisa kita download di situs resminya

www.wordpress.org.

2. Dimanakah posisi kita meletakan file dalam webserver? Perhatikan gambar dibawah ini.

3. Setelah File Wordpress selesai dipindahkan di xampp -> htdocs kemudian folder wordpress di “rename” menjadi alamat

website yang mudah di tulis. Ex: “pendidikanmatematika” seperti gambar dibawah ini

4. Silahkan buka browser internet dan ketikan “localhost/nama folder engine wordpress”

kemudian enter.

 

5. Jika muncul seperti gambar dibawah, berarti file dalam folder engine wordpress dalam

kondisi baik dan bisa dilanjutkan penginstalan.

Silahkan klik menu “create ...”

Silahkan klik menu “Let’s go

6. Pada  halaman setting configurasisilahkan diisikan sesuai dengan nama database yang

dibuat sebelumnya.

Halaman konfigurasi setelah  di isi, kemudian klik menu “submit”

Kemudian klik menu “Run the install”

7. Setelah proses instalasi selesai silahkan lengkapi informasi yang dibutuhkan, lihat gambar

dibawah ini.

8. Setelah suskses seperti gambar dibawah ini, kemudian klik menu “Log In” untuk masuk

kedalam sistem atau dasboard.

Masukan username dan password yang telah dibuat sebelumnya, lihar gambar dibawah.

Berikut tampilan Dasbor Wordpress Anda. Jika ingin melihat tampilan anda, arahkan kursor anda ke nama website anda lalu pilih kunjungi situs seperti tampilan berikut.

Inilah tampilan website anda yang masih sederhana

3.4 Menginstall atau Merubah Tema Pada Wordpress

Tema Wordpress ialah desain halaman dan tata letak blog yang berbasis wordpress, tema wordpress merupakan gabungan dari file HTML, CSS, PHP gambar dan file lainnya. Wordpress theme (tema wordpress) satu dengan yang lainnya mempunyai karakter sendiri-sendiri sehingga theme yang satu dengan yang lainnya berbeda. Inilah tampilan sebelum di install tema yang anda sukai.

Berikut ini cara merubah atau memasang tema :

Klik Dashbor lalu klik appearance (tampilan) kemudian klik themes (tema), - > klik browser untuk mencari file pada computer anda. Setelah itu install sekarang dan klik aktifkan

Lalu klik themes kemudian klik add new lalu klik upload

Lalu klik add new kemudian klik upload bilamana tema anda belum anda disini terdapat tempat download tema wordpress jika terhubung atau koneksi dengan internet. Jika sudah ada tema dengan tipe .rar

Jika sudah selesai di install lalu klik website anda klik visit site seperti dibawah ini

3.5 Menambah dan Menghapus Halaman (Pages)

Membuat Halaman atau Page yang biasanya kita isi dengan informasi “Profile”, “Portofolio”,

“Contac” dan lain-lain. Kembali ke halaman Dasbor Klik menu -- > Pages -- > Add New (lihat gambar dibawah)

Lalu akan tampil seperti dibawah ini disi nama page dan isi data page/ halaman kemudian klik Publish

3.6 Mengupload Gambar Pada Wordpress

Masih lanjutan dari membuat page atau halaman sekarang kita mengupload gambar di dalam isi page, Klik add media seperti dibawah ini.

Lalu akan menampilkan seperti dibawah ini lalu klik select file dimana anda meletakkan gambar yang anda inginkan setelah itu anda klik insert page

Dan akan menampilkan seperti dibawah ini, lalu klik publish

3.7 Cara membuat link download dokumenpada wordpress

Silahkan klik menu “Add Media” lihat gambar yang dilingkari.

Kemudian klik menu “Selec Files” 

Pilih file yang akan kita upload untuk link download, kemudian klik menu “Open

Lalu ubah title sesuai dengan keinginan anda “Download disini” lalu klik insert into page




Kemudian akan menampilkan seperti dibawah ini

3.8 Membuat Menu Utama dan Submenu

Silahkan klik appearance lalu klik menus untuk membuat menu di header menu website anda

Selanjutnya anda buat dulu nama menu lalu klik centang semua menu yang dibutuhkan,

lalu klik add to menu seperti dibawah ini

Tips menu, sub menu jika anda ingin membuat tampilan menu menarik lihatlah gambar dibawah ini

3.9 Menambah Widget Pada Wordpress

Widget adalah bagian yang juga dianggap penting dalam sebuah blog atau website yang dinamis, karena dari widget inilah anda bias menampilkan sesuatu yang akan menjadi karakter blog atau website anda.

Berikut cara menambah widget :

Arahkan kursor anda yang berbentuk panah tambah pada menu tampilan, lalu pilih widget. Kemudian pilih widget yang ingin ditampilkan dalam website anda.

4.0 Menginstall Plugin

Salah satu keunggulan WordPress adalah kemampuannya untuk diperkaya dan ditingkatkan efektifitasnya. Para pengguna dan developer WordPress telah membuat ratusan plugin dalam berbagai kategori yang bisa dipergunakan sesuai kebutuhan. Tentu saja, anda harus memilih plugin yang benar-benar anda butuhkan. Karena jika anda terlalu banyak memasang plugin, maka wordpress anda akan berjalan dengan lebih berat.

Salah satu keunggulan WordPress sejak versi 3.1 adalah kemampuannya untuk melakukan instalasi plugin secara langsung melalui dashboard. Berikut cara menginstall plugin :

·         Silahkan masuk ke menu Plugins – Add New dan anda akan mendapatkan macam-macam plugin WordPress. Anda juga bisa mengupload plugin yang masih dalam format zip melalui halaman ini http://wordpress.org/extend/plugins/.

·         Selanjutnya klik Search Plugins dan akan muncul plugin-plugin yang memiliki kata yang sama dengan kata yang kita cari. Bila sudah ketemu, langsung saja klik Install Now

Selain itu anda juga bisa mendownload plugin dari sumber lain dan memasukkannya ke WordPress dengan menggunakan menu Upload. Cukup pilih file zip plugin lalu install now. Dan lanjutkan seperti biasa.

3.4 Layout

1. Halaman Depan Login Admin

Halaman Home

Keterangan : yang berisikan informasi dan berita UMRAH maupun kegiatan pendidikan matematika UMRAH

2. Halaman Profil

Keterangan :

Merupakan halaman yang menyajikan sedikit tentang pendidikan matematika UMRAH

Baik dari Visi dan misi, Struktur organisasi, Tenaga pengajar, Fasilitas

3. Kemahasiswaan

Keterangan :

Yang berisikan mahasiswa upload tugas dan login sipa serta informasi alumni yang didlam trdapat informasi lowongan pekerjaan

4. Galeri

Keterangan :

Disini saya meletakkan foto kegiatan pendidikan matematika yang menggunakan plugin yang terlihat menarik saya di tekan

BAB IV

PENGUJIAN

Berikut ini adalah langkah-langkahnya

1.      Buat file dengan nama index.php sebagai halaman untuk menginput data member tetap website

2.      Lalu isi table dibawah namun data tersebut harus sama dengan data yang dibuat didalam database

3.Setelah selesai anda mecopynya, paste halaman page baru wordpress dengan judul guest, data ini juga terkoneksi dengan data view.php, maka tampilan akan jadi seperti ini

4.2 Pengujian Delete

1. Buat File dengan nama.delete di notepad++ yang ada di pc anda,

2.Pada laman ini dapat anda hapus, silahkan anda mengklik bacaan hapus tersebut, seperti gambar dibawah ini,

4.3 Pengujian Edit

1. Buat file dengan nama edit.php di notepad++ yang ada di pc anda

2.Setelah laman nya keluar disini, pada website saya anda dapat memlih dua dari nama dibawah, yang mana anda mau edit

Setelah anda mengklik edit, akan muncul gambar seperti dibawah ini,

3.Setelah itu hasil akhirnya, saya mengubah nama lutfipadu menjadi lutfi pra,

4.4 Pengujian Update

1. Buat file dengan nama update.php di notepad++ pada pc anda,

2.Notepad update digunakan saat mau edit data terus mau update ulang data

4.5 Pengujian Save

1. Buat file dengan nama view.php di notepad++ pada pc anda

2. Lalu buat data seperti yang ada pada data index

3.Pada buku tamu anda, silahkan anda mengisi data diri orang yang mau anda buat pada buku tamu anda, setelah itu save yang ada dibawah buku tamu anda, disini saya mengisi data orang yang bernama aris kurniawan, setelah anda mengklik tombol save, data anda akan tersimpan, seperti dibawah ini.

BAB V

PENUTUP

5.1 Kesimpulan

Kesimpulan pertama adalah dari website ”Rancangan Website Profil Pendidikan Matematika UMRAH” dapat disimpulkan beberapa kelebihan dan kekurangan :

1.      Kelebihan Website

·         Dapat mempermudah user atau pengguna untuk mengetahui sedikit informasi tentang kegiatan profil pendidikan matematika di UMRAH

·         Website dengan judul”Rancangan Website Profil Pendidikan Matematika UMRAH” ini dapat dijadikan sebagai suber inspirasi bagi anda yang menggunakannya.

·         Dengan adanya website ini, dapat menghemat biaya agar tidak perlu membeli Koran atau majalah

·         Sebagai tempat sharing bagi pengguna tempat lainnya.

2.      Kekurangan

·         Banyak gangguan pada keamanan website

·         Belum terjangkau akan pengetahuan banyak orang dari website

·         Website belum sepenuhnya sempurna di karena kan belum ada pengembangan terhadap website ini.

·         Belum dapat bersaing dengan website berita lainnya yang lebih besar, dikarena kan website ini hanya menjangkau sebagian kecil berita.




5.2 Saran

Berdasarkan kesimpulan dari hasil pembahasan ini maka penulis berkeinginan memberikan saran-saran yang bias dijadikan acuan untuk mengembangkan website ini lanjut lagi, Antara lain diharapkan adanya:

a.       Saya ingin ke depannya website ini dalam pengembangan, saya ingin memperbaiki tampilan nya.

b.      Saya ingin menambah kan lebih banyak informasi yang up to date tentang profil pendidikan matematika UMRAH.

Saya rasa hanya segitu saja saran yang dapat saya berikan. Saya berharap website ini akan ada pengembangan nya untuk kedepan nya. Saya juga berterima kasih kepada bapak Sulfikar Sallu M.Kom selaku dosen pembimbing dalam ujian akhir mata kuliah Perancangan Web ini.












DAFTAR PUSTAKA

Anneahira, XAMPP adalah perangkat penggabung aplikasi,http://ww.annehira.com/xamppadalah.html (diakses tanggal 30 maret 2015)

Azoel.2010, koneksi database MySQL dengan PHP

http://azoel.files.wordpress.com/2010/03/database.pdf adalah.html (diakses tanggal 30 maret 2015)

Dikacok. 2009, Pengenalan Web Server MySQL menggunakan HTML,

http://dikacok.blogspot.com/2009/03/database.pengenalan-web-server-mySQL.html (diakses tanggal 01 juni 2015)

Sumber:
http://arisdolanan.blogspot.co.id/2016/04/contoh-makalah-tugas-akhir-perancangan.html?m=1




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel