Keputihan-Fluor Albus : Pengertian, Penyebab, Gambaran Klinis, Diagnosis dan Pengobatannya


Keputihan-Fluor Albus : Pengertian, Penyebab, Gambaran Klinis, Diagnosis dan Pengobatannya

Definisi

Keluarnya cairan yang berlebihan dari dalam vagina disertai dengan gatal/rasa terbakar pada vulva.

Dapat disebabkan oleh infeksi vagina (kolpitis) yang lebih bersifat encer dan radang serviks (servisitis) yang bersifat muko-purulen.

Penyebab

Kolpitis sering disebabkan oleh Trikomoniasis, Kandidiasis dan Bakterial vaginosis, sedangkan servisitis sering disebabkan oleh infeksi Neiserria gonorrhoeae dan Chlamydia trachomatis.

Gambaran Klinis

Deteksi infeksi serviks berdasarkan gejala klinis sulit dilakukan, karena sebagian besar wanita dengan gonore atau klamidiasis yang menyebabkan infeksi serviks umumnya asimtomatik.

Wanita dengan faktor resiko (mempunyai lebih dari satu mitra seksual atau mitra seksual sedang mengidap IMS dan sanggama tidak menggunakan kondom) cenderung memiliki risiko tinggi untuk terjadi infeksi serviks bila dibandingkan dengan mereka yang tidak berisiko.

Diagnosis

Gejala duh tubuh (discharge) yang abnormal merupakan petunjuk kuat infeksi vagina namun merupakan pertanda lemah untuk infeksi serviks. Jadi semua wanita yang menunjukkan tanda-tanda duh tubuh vagina (vaginal discharge) agar diobati juga untuk trikomoniasis dan bakterial vaginosis sekaligus. Wanita dengan cairan tubuh yang berlebihan disertai dengan faktor risiko perlu dipertimbangkan untuk diobati sebagai servisitis yang disebabkan gonore dan klamidiasis.

Pemeriksaan secara mikroskopik hanya sedikit membantu diagnosis untuk infeksi serviks, karena hasil pemeriksaan yang negatif sering menunjukkan hasil negatif palsu. Untuk keadaan ini perlu dilakukan kultur/ biakan kuman.

 

*) Tidak boleh diberikan kepada ibu hamil, ibu menyusui, anak dibawah 12 tahun dan remaja

**)Tidak boleh diberikan pada ibu hamil, ibu menyusui dan anak dibawah 12 tahun

 

Pengobatan sindrom duh tubuh vagina karena vaginitis (pengobatan program)

 




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel