Ilmu Humaniora : Pengertian, Humaniora Sebagai Ilmu, Teknologi, dan Nilai

By : Apriliana Madya

Pengertian Humaniora

Taukah kalian apa itu Humaniora?

Menurut bahasa latin, humaniora disebut artes liberales yaitu studi tentang kemanusiaan. Sedangkan menurut pendidikan Yunani Kuno, humaniora disebut dengan trivium, yaitu logika, retorika dan gramatika. Pada hakikatnya humaniora adalah ilmu-ilmu yang bersentuhan dengan nilai-nilai kemanusiaan yang mencakup etika, logika, estetika, pendidikan pancasila, pendidikan kewarganegaraan, agama dan fenomenologi.Secara umum, humaniora dapat diartikan  sebuah disiplin akademik yang mempelajari kondisi manusia, menggunakan metode yang terutama analitik, kritikal, atau spekulatif, sebagaimana dicirikan dari sebagian besar pendekatan empiris alami dan ilmu sosial.

Humaniora, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (Balai Pustaka: 1988), adalah  ilmu-ilmu pengetahuan yang dianggap bertujuan membuat manusia lebih manusiawi, dalam arti membuat manusia lebih berbudaya

Humaniora adalah suatu pelajaran yang sangat penting untuk dipelajari terutama untuk orang orang yang berprofesi sebagai contoh profesi bidan, ilmu dimana membuat manusia lebih manusiawi agar tidak terjadinya tindakan yang tidak berperikemanusiaan.

Humaniora merupakan studi yang memusatkan perhartiannya pada kehidupan manusia, menekankan unsur kreativitas, kebaharuan, orisinalitas,keunikan. Berusaha mencari makna dan nilai, sehingga bersifat normatif.

Alasan penerapan ilmu Humaniora dalam ilmu kebidanan yaitu bidan adalah seseorang pada barisan pertama untuk menangani masalah kesehatan pada masyarakat.Hal ini membutuhkan aturan humaniora dalam menjalankan profesi di kehidupannya. Seorang bidan akan menangani kehamilan, menolong persalinan, nifas, dan menyusui yang keseluruhan mencangkup setengah dari masa kehidupan manusia. Bidan juga memiliki peluang untuk melakukan aborsi yang dapat membatasi kelahiran manusia maka dari itu sungguh penting ilmu humaniora diterapkan di ilmu kebidanan.

Humaniora sebagai ilmu, teknologi, dan nilai

Di zaman yang sangat canggih ini sungguh banyak teknologi-teknologi yang dapat membantu mempermudah manusia untuk melakukan aktivitasnya. Penguasaan dan pengembangan ilmu dan teknologi harus dapat memberi manfaat bagi kesejahteraan manusia dan disini Humaniora membawa nilai nilai budaya manusia, nilai nilai yang universal, tanpa humaniora pengembangan ilmu dan teknologi tidaklah bermanfaat.

Kita bisa lihat dari gambar diatas bahwa dengan ilmu seorang ahli itu dapat mengerti dan mengaplikasikan keahliannya tentang teknologi yang baru itu untuk membantu persalinan seorang ibu dan dengan nilai nilai humaniora yang sudah dipelajari dengan baik dapat membantu ibu itu dengan norma norma yang benar, maka dari itu ilmu humaniora sangatlah penting untuk dipelajari
Source: here




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel