Ilmu Histologi : Asal Kata, Pengertian Lengkapnya

Ilmu Histologi : Asal Kata, Pengertian Lengkapnya

Silahkan Bagikan Tulisan-Artikel ini :  0  0

Kata Histologi berasal dari bahasa Yunani yaitu Histo yang berarti jaringan dan Logos yang berarti ilmu. Histologi adalah ilmu yang mempelajari tentang sel dan matriks ekstraseluler dari jaringan.

Ukuran sel dan matriks ekstraseluler yang kecil membuat perkembangan histologibergantung pada penggunaan dan pengembangan mikroskop.

Kemajuan dalam ilmu kimia, fisiologi, imunologi dan patologi serta interaksi antar disiplin ilmu tersebut memberi pengetahuan yang lebih baik mengenai biologi jaringan.

Dari studi-studi tersebut, lahirlah ilmu histokimia, histofisiologi, imunohistokimia, dan histopatologi yang semuanya bertujuan memudahkan untuk mengerti dan memahami tentang biologi jaringan.

Membiasakan diri dengan alat dan metode dari setiap cabang ilmu adalah penting agar dapat memahami subjek secara utuh. 

Beberapa cara yang lebih umum dipakai untuk mempelajari sel dan jaringan adalah dengan memahami satuan pengukuran, persiapan jaringan untuk pengamatan, mikroskopi, histokimia, masalah interpretasi irisan jaringan, radioautografi, pengamatan sel dan jaringan hidup, isolasi dan studi in vitro strain sel murni, dan fraksionasi sel.

Sumber:http://prasko17.blogspot.co.id/2012/10/pengertian-histologi.html?m=1




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel