Teks Iklan (pengertian, struktur teks, kaidah kebahasaan,ciri-ciri, fungsi dan contoh teks iklan)


Teks Iklan (struktur teks, kaidah kebahasaan,ciri-ciri, fungsi dan contoh teks iklan)

Mendengar kata iklan di jaman sekarang tentu bukanlah hal yang asing, karena di era informasi saat ini ada banyak sekali jenis iklan yang sering kita jumpai di beberapa media, biasanya terdapat di di media-media elektronik dan media cetak seperti di televisi, majalah koran dan media lainnya.

Iklan biasanya dibuat dengan tujuan untuk mempengaruhi, mengingatkan, menginformasikan, melarang membujuk dan merayu target audience, salah satu yang paling berperan di dalam sebuah iklan adalah teks iklan, teks iklan biasanya dibuat sedemikian rupa sehingga mampu mempengaruhi target audience.

Untuk membuat teks iklan yang baik dan benar tentu tidaklah sembarangan, ada aturan tertentu yang harus dilibatkan, pada umumnya teks iklan memiliki struktur, kaidan kebahasaan dan ciri-ciri khusus sesuai dengan fungsinya. bahkan di lembaga pendidikan teks iklan ini dipelajari secara khusus, salah satunya banyak dipelajari di tingkat sma /smk di mata pelajaran bahasa indonesia kelas XII kurikulum 2013.



Bagi anda yang kebetulan sedang mencari materi tentang teks iklan, maka di artikel kali ini saya akan sajikan artikel yang membahas tentang teks iklan secara terperinci. sehingga anda bisa memahami struktur dan kaidah teks iklan dengan baik dan benar, yang pada akhirnya anda akan mampu menginterpretasi makna teks iklan baik secara lisan maupun tulisan, dan juga anda diharapkan mampu memproduksi teks iklan yang koheren sesuai dengan karakteristik teks yang akan dibuat baik secara lisan mupun tulisan.

Sub pokok bahasan yang akan diuraikan di artikel kali ini meliputi, pengertian teks iklan, kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks iklan, struktur isi teks iklan, ciri-ciri, fungsi dan juga dilengkapi dengan beberapa contoh jenis teks iklan.


Pengertian teks iklanSecara umum pengertian dari teks iklan adalah suatu media komunikasi yang sangat efektif untuk menyampaikan informasi kepada target audience dengan tujuan untuk mempengaruhi, mempromosikan, mengingatkan, menginformasikan, melarang membujuk dan merayu target audience.

Teks iklan juga memiliki pengertian secara khusus tergantung dari jenis iklan yang ingin dibuat, untuk iklan sebuah produk misalnya, Teks iklan merupakan salah satu media promosi yang efektif dalam memasarkan berbagai produk kepada konsumen karena daya jangkauannya yang luas dan masif. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan suatu produk, baik barang maupun jasa kepada masyarakat, guna menarik perhatian masyarakat untuk mengenali, membeli, hingga mengonsumsi atau menggunakan produk yang diiklankan.


Fungsi teks iklanSecara sederhana, pengertian teks iklan adalah sebagai pesan yang menawarkan suatu produk yang ditunjukkan oleh suatu masyarakat lewat suatu media. namun untuk mmebedakannya dengan pengumuman biasa, iklan lebih diarahkan untuk membujuk orang supaya membeli.

iklan mempunyai beberapa fungsi yaitu sebagai berikut:

1. Sebagai persuasi / upaya pendekatan ( mengarahkan konsumen untuk membeli)

2. Sebagai informasi (menyampaikan produk baru) 2.

3. Sebagai reminder atau pengingat (iklan mengingatkan konsumen tentang produk tertentu agar selalu menggunakanproduk tersebut)


Struktur teks iklan dan rumus teks iklanStruktur teks adalah aturan penulisan untuk menyusun sebuah teks. Pada Sebuah Iklan, baik yang dipublikasikan melalui media penyiaran seperti televisi atau media cetak, pada dasarnya memiliki Struktur khusus, struktur iklan pada kedua media tersebut pada dasarnya sama, hanya bentuknya berbeda karena perbedaan karateristik medianya-mediumnya.

Struktur dari teks iklan secara umum adalah sebagai berikut:


1.Judul (kepala tulisan atau headline) 
Judul iklan biasanya terletak di bagian paling atas dari teks iklan, namun tidak selalu di atas, dan tidak semua iklan mencantumkan judul, sebagian teks iklan meletakkan nama produk di bagian paling atas sebagai judul, judul biasanya biasanya dibuat agar dapat dilihat pertama kali oleh orang, biasanya dibuat besar dan tebal.

2. Sub judul(sub headline)
Subheadline biasanya digunakan untuk memberikan informasi yang sangat penting kepada calon konsumen, biasanya berisi mengenai keunggulan produk yang diharapkan mampu memikat calon konsumen.

3. Amplifikasi (perluasan / penjelasan tentang produk)
Berisi deskripsi produk yang diiklankan, seperti spesifikasi, cara mendapatkan produk yang diiklankan, alamat, dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

Naskah atau teks iklan yang mengikuti headline. Sering juga disebut bodycopy/ body text. Pada bagian ini konsepnya adalah penjelasan lebih rinci tentang produk atau barang/jasa yang ditawarkan. Catt: produk2 yang mahal sperti mobil, rumah,dll biasanya diperlukan body text atau amplifikasi iklan.


Rumus Membuat teks iklanUntuk menghasilkan iklan yang baik selain memperhatikan struktur iklan diperlukan juga rumus iklan AIDCA1 yaitu sebagai berikut:

Rumus AIDCA

Attention (Perhatian) 
Interest (Minat) 
Desire (Kebutuhan/keinginan) 
Conviction (rasa percaya) 
Action (Tindakan) . 
1.Attention
Attention berarti bahwa iklan harus mampu menarik perhatian khalayak sasaran. Untuk itu, iklan membutuhkan bantuan ukuran, penggunaan warna, tata letak, atau suara-suara khusus 


Size untuk media cetak 
Air time untuk penyiaran 
Warna (spot atau full color), tata letak (lay out) 
Jenis Huruf 
Menggunakan headline, slogan yang mudah di ingat. 
2. Interest
Iklan berurusan dengan bagaimana konsumen berminat dan memiliki keinginan lebih jauh. Dalam hal ini konsumen harus dirangsang agar mau membaca, mendengar, atau menonton pesan-pesan yang disampaikan. Perhatian harus segera ditingkatkan menjadi minat agar pembeli ingin mengetahui lebih rinci

3. Desire
Bermakna bahwa iklan harus mampu menggerakkan keinginan orang untuk memiliki atau menikmati produk tersebut. Contoh: Lady Card, Special Card For Special Lady. Gudang Garam Selera Pemberani

4. Conviction
Mengandung arti bahwa iklan harus mampu menciptakan kebutuhan calon pembeli. Konsumen mulai goyah dan emosinya mulai tersentuh untuk membeli produk tersebut. Untuk menimbulkan Ras Percaya pada diri pembeli. Menggunakan Pembuktian Ahli, Demo, menggunakan artis public figure. memberikan pandangan positif pada konsumen tentang produk.

5. Action (Tindakan)
Mengandung arti bahwa iklan harus memiliki "daya" membujuk calon pembeli agar sesegera mungkin melakukan suatu tindakan pembelian. Dalam hal ini dapat digunakan kata beli, ambil, hubungi, rasakan, gunakan, dan lain-lain. Sumber: Kasali, Renald. 1995., "Manajemen Periklanan: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia", Jakarta: Gr


Ciri Kebahasaan Teks Iklan (Kaidah kebahasaan)Ciri atau Kaidah kebahasaan teks iklan adalah aturan bahasa yang digunakan dalam sebuah teks iklan, kaidah kebahasaan di dalam teks iklan adalah sebagai berikut:

1. Menggunakan Slogan
Slogan adalah perkataan atau kalimat yang menarik, mencolok, dan mudah diingat untuk menyampaikan sesuatu, slogan adalah pernyataan atau susunan kata tertentu yang menjelaskan singkat suatu produk atau jasa layanan sehingga mudah diingat publik. Slogan sangat penting untuk dunia periklanan. Dengan slogan, iklan tersebut akan mudah diingat publik dan akan lebih terkenal.
contoh:
Merdeka atau mati, say no to drugs dll. 

2. Kalimat Persuasif
Kalimat persuasif adalah kalimat yang bertujuan meyakinkan dan membujuk pembaca agar melaksanakan atau menerima gagasan penulis terhadap suatu hal. Terdapat beberapa kalimat persuasif yang terdapat pada iklan produk tersebut.

3. Menggunakan Subjek Orang Pertama
Teks iklan biasanya menggunakan subjek orang pertama tunggal atau jamak, seperti aku, saya, dan kami untuk mengganti pihak atau instansi pemasang iklan. Subjek yang digunakan pada teks iklan tersebut adalah subjek orang pertama jamak, yaitu kami.


Ciri iklan yang baikCiri ciri iklan yang baik adalah sebagai berikut:

1. Mempunyai sasaran yang jelas,dengan menentukan target konsumen ada target utama dan target kedua,ini juga untuk menentukan media pasang iklan dan penetapan target konsumen tergantung pada kualitas,harga,distribusi(jangkauan pemasaran)

2. Mempunyai fokus atas hal yang ingin di komunikasikan dariproduk dan jasa yang di iklankan

3. Mempunyai daya tarik tertentu hingga konsumen yang di sasarnya bisa berhenti untuk memperhatikan isi iklan,selain kata kata menarik,daya tarik iklan muncul dari desain layout yang menarik.

4. Sajikan iklan dengan menarik karena suatu iklan dengan isi pesan bagus jika tidak di sajikan bagus tak akan menarik.

5. komunikasi iklan memiliki empat unsur utama yaitu :

Pengirim iklan adalah produsen atau dalam bisnis periklanan di wakili biro iklan 
Isi iklan dalam iklan ada headline kalimat singkat tidak lebih dari 10 kata dan di harapkan konsumen langsung dapat banyak informasi mengenai produk dan jasa body copy adalah informasi tambahan bila konsumen tertarik. 
Media komunikasi tempat iklan di sajikan baik di media cetak,media elektronik atau media lainnya antara lain media internet yang penetrasinya di indonesia masih kurang,billboard dll. 
Penerima iklan konsumen yang di sasar produk barang atau jasa kita 
6. Pilihlah slogan dengan kata kata padat dan berisi yang merupakan gambaran terhadap headline di mana konsumen dapat membaca lebih detail. 


Syarat teks iklanSedangkan Syarat-syarat Iklan yang baik adalah sebagai berikut:

Ditinjau dari isinya, iklan harus :
a. Harus objektif dan jujur

b. Singkat, jelas dan mudah dipahami

c. Tidak menyinggung pihak lain

d. Menarik perhatian orang banyak


Ditinjau dari bahasanya, iklan harus : 

a. Menggunakan pilihan kata yang tepat, menarik, logis dan sopan

b. Ungkapan/majas yang digunakan memikat dan memiliki daya sugesti bagi khalayak

c. Bahasa disusun untuk menonjolkan informasi yang dipentingkan

d. Teks iklan harus menuju sasaran 


Langkah-langkah menyusun teks iklanUntuk memudahkan dalam membuat teks iklan, ada langkah-langkah yang bisa anda gunakan sebagai berikut:

1. Mempelajari apa yang di iklankan dan mengetahui produk pesaingnya.

2. Mempelajari tujuan produk yang akan diiklankan.

3. Melakukan kegiatan pengumpulan ide-ide.

4. Memilih ide yang paling terbaik.

Jenis-Jenis Iklan
Iklan terdiri dari berbagai jenis diantaranya adalah sebagai berikut:


1. Iklan Pemberitahuan/Pengumuman, yaitu iklan yang bertujuan untuk memberitahukan sesuatu kepada khalayak. Salah satu contoh iklan pemberitahuan adalah iklan keluarga. contoh : kelahiran, ulang tahun, perkawinan, kematian, dsb.

2. Iklan Undangan, yaitu iklan yang berisi ajakan/himbauan untuk mendatangi suatu acara.

3. Iklan Layanan Masyarakat (ILM), yaitu iklan yang bertujuan memberikan penerangan/penjelasan kepad amasyarakat. Contohnya adalah iklan KB dan iklan bahaya narkoba.

4. Iklan Permintaan, yaitu iklan yang berisi permintaan sesuatu, seperti lowongan kerja.

5. Iklan Penawaran, yaitu iklan yang bertujuan menawarkan suatu produk. Iklan ini dipasang oleh perusahaan- perusahaan.

6. Iklan Artikel, yaitu iklan yang berisi informasi/penawaran panjang yang diawali dengan perkenalan, isi, keunggulan dan penutup.

Contoh teks iklansalah satu contoh teks iklan bisa dilihat pada gambar di bawah ini:


Teks iklan pada contoh di atas adalah sebagai berikut: 

Listrik pintar
solusi isi ulang dari PLN
Saatnya anda beralih ke listrik pintar
hubungi kontak center PLN 123 dan pasang listrik pintar sekarang juga.
www.pln.co.id

Struktur dari teks iklan di atas adalah sebagai berikut:

Judul:
Listrik Pintar

sub judul:
Solusi isi ulang dari PLN

Tubuh Iklan:
Saatnya anda beralih ke listrik pinatar

Perluasan:
hubungi kontak center PLN 123 dan pasang listrik pintar sekarang juga.
www.pln.co.id


Itulah uraian lengkap tentang teks iklan, semoga bermanfaat(af/rol)



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel