Pengertian Penelitian Deskriptif, Tujuan, Langkah-langkah, Jenisnya Terlengkap

Pengertian Penelitian Deskriptif. Apa itu penelitian Deskriptif..? penelitian ini tidak hanya teratas pada masalah pengumpulan atau penyusunan data tetapi juga meliputi analisis dan interprestasi tentang arti data tersebut. Oleh karena itu penelitian deskriptif mungkin saja mengambil bentuk penelitian komparatif yaitu suatu penelitian yang membandingkan suatu gejala dengan gejala lain. Berikut adalah penjelasan seputar pengertian Deskriptif, tujuan pengertian Deskriptif serta Langkah Langkah Penelitian deskriptif.

Definisi Penelitian Deskriptif 
Penelitian deskriptif adalah penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat sekarang. Penelitian deskriptif memusatkan perhatian kepada masalah-masalah actual sebagaimana adanya pada saat penelitian berlangsung. Dengan penelitian deskriptif, peneliti berusaha mendeskripsikan peristiwa dan kejadian yang menjadi pusat perhatian tanpa memberikan perlakukan khusus terhadap peristiwa tersebut. Variabel yang diteliti bisa tunggal (satu variabel) bisa juga lebih dan satu variabel.

Seperti dikutip dari wikipedia Penelitian deskriptif adalah salah satu jenis penelitian yang tujuannya untuk menyajikan gambaran lengkap mengenai setting sosial atau dimaksudkan untuk eksplorasi dan klarifikasi mengenai suatu fenomena atau kenyataan sosial dengan jalan mendiskripsikan sejumlah variabel yang berkenaan dengan masalah dan unit yang diteliti antara fenomena yang diuji.

Menurut Hidayat Syah Penelitian Deskriptif adalah metode penelitian yang digunakan untuk menemukan pengetahuan yang seluas-luasnya terhadap objek penelitian pada suatu masa tertentu.

Menurut sukmadinata penelitian Deskriptif adalah suatu bentuk penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan fenomena-fenomena yang ada baik fenomena alamiah, ataupun fenomena buatan manusia fenomena itu dapat berupa bentuk, aktivitas karakteristik, perubahan, hubungan, kesamaan, dan perbedaan antara fenomena, yang satu dengan fenomena yang lain.


Tujuan Penelitian Deskriptif
  • Menghasilkan gambaran yang akurat tentang sebuah kelompok,
  • Menggambarkan mekanisme dalam sebuah proses atau hubungan,
  • Memberikan gambaran lengkap dalam bentuk verbal atau numerikal,
  • Menyajikan informasi dasar akan suatu hubungan,
  • Menciptakan seperangkat kategori dan mengklasifikasikan subjek penelitian,
  • Menjelaskan seperangkat tahapan atau proses,
  • Menyimpan informasi bersifat kontradiktif mengenai subjek penelitian.


Langkah Langkah Penelitian Deskriptif
Perumusan masalah. Metode penelitian manapun harus diawali dengan adanya masalah, yakni pengajuan pertanyaan-pertanyaan penelitian yang jawabannya harus dicari menggunakan data dari lapangan. Pertanyaan masalah mengandung variabel-variabel yang menjadi kajian dalam studi ini. Dalam penelitian deskriptif peneliti dapat menentukan status variabel atau mempelajari hubungan antara variabel.
Menentukan jenis informasi yang diperlukan. Dalam hal ini peneliti perlu menetapkan informasi apa yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan atau masalah yang telah dirumuskan. Apakah informasi kuantitatif ataukah kualitatif. Informasi kuantitatif berkenaan dengan data atau informasi dalam bentuk bilangan/angka seperti.
Menentukan prosedur pengumpulan data. Ada dua unsur penelitian yang diperlukan, yakni instrumen atau alat pengumpul data dan sumber data atau sampel yakni dari mana informasi itu sebaiknya diperoleh. Dalam penelitian ada sejumlah alat pengumpul data antara lain tes, wawancara, observasi, kuesioner, sosiometri. Alat-alat tersebut lazim digunakan dalam penelitian deskriptif.
Menentukan prosedur pengolahan informasi atau data. Data dan informasi yang telah diperoleh dengan instrumen yang dipilih dan sumber data atau sampel tertentu masih merupakan informasi atau data kasar. Informasi dan data tersebut perlu diolah agar dapat dijadikan bahan untuk menjawab pertanyaan penelitian.
Menarik kesimpulan penelitian. Berdasarkan hasil pengolahan data di atas, peneliti menyimpulkan hasil penelitian deskriptif dengan cara menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian dan mensintesiskan semua jawaban tersebut dalam satu kesimpulan yang merangkum permasalahan penelitian secara keseluruhan.



Jenis Penelitian deskriptif

Ditinjau dari jenis masalah yang diselidiki, teknik dan alat yang digunakan dalam meneliti, serta tempat dan waktu penelitian dilakukan maka penelitian deskriptif terbagai atas beberapa jenis.

  • Metode Survey
  • Metode deskriptif berkesinambungan
  • Penelitian Studi Kasus
  • Penelitian analisis pekerjaan dan aktivitas
  • Penelitian tindakan (action research)
  • Penelitian perpustakaan dan dokumenter
sumber: http://seputarpengertian.blogspot.co.id/2017/09/pengertian-penelitian-deskriptif-serta-tujuannya.html



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel