Pengertian Ilmu Ekonomi beserta Pembagiannya Lengkap


Pengertian Ilmu Ekonomi beserta Pembagiannya Lengkap 


Manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi pada dasarnya selalu menghadapi masalah ekonomi.



Kata ekonomi sendiri berasal dari kata Yunani "oikos" yang berarti keluarga, rumah tangga dan "nomos", yang berarti peraturan, aturan, hukum, dan secara garis besar diartikan sebagai aturan rumah tangga atau manajemen rumah tangga.
Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja.


A. Pengertian Ilmu Ekonomi
Ilmu Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari cara-cara yang dilakukan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas menggunakan sumber daya yang terbatas.
Sumber daya yang terbatas itu disebut pula dengan faktor-faktor produksi yang terdiri dari: tanah (land) , tenaga kerja (labour), modal (capital) dan kewirausahaan (entrepreneur).
Atau bisa juga ..

Ilmu ekonomi adalah ilmu sosial yang mempelajari bagaimana cara manusia berusaha untuk dapat memenuhi kebutuhan dengan sebaik-baiknya dalam usaha mencapai kemakmuran (terminologi).

B. Pembagian Ilmu Ekonomi
Ilmu ekonomi ada 3, Ekonomi deskriptif, Ekonomi Teori, dan ekonomi terapan.

1. Ekonomi Teori 
Adalah ilmu yang menganalisis tentang hubungan antara variabel ekonomi, misalnya seperti pengaruh kenaikan upah tenaga kerja terhadap pola konsumsi mereka

Ekonomi teori dibagi menjadi 2, yaitu:
a. Mikro (kecil) : Secara khusus mempelajari bagian-bagian seperti perilaku konsumen dan perusahaan dan penentuan harga pasar untuk satu jenis barang tertentu serta kuantitas faktor input barang dan jasa yang diperjualbelikan. 
Tujuan ekonomi mikro adalah efesiensi dalam pengalokasian sumber-sumber daya.
b. Makro (besar) : Cabang dari ilmu ekonomi yang berkaitan dengan studi tentang kegiatan perekonomian nasional secara agregat (keseluruhan).
Tujuan ekonomi makro mencakup : kesempatan kerja penuh penuh (full employment), pencegahan inflasi, pertumbuhan ekonomi, keseimbangan neraca pembayaran.

2. Ekonomi Deskriptif
Adalah bagian dari ilmu ekonomi yang memaparkan secara apa adanya tentang kehidupan ekonomi suatu daerah/ negara pada suatu masa tertentu.
Contoh, hasil produksi udang di Jawa Timur untuk tahun 2006, ekonomi Indonesia menjelang Pembangunan Jangka Panjang (PJP) II, ekonomi jepang pasca Perang Dunia II.

3. Ekonomi terapan (applied economic) 
Adalah bagian dari ilmu ekonomi yang membahas penerapan teori ekonomi dalam suatu rumah tangga produksi.
Sebagai contoh, ekonomi perusahaan; ekonomi pertanian; dan ekonomi koperasi.
Terima kasih .. Semoga Bermanfaat ,,
source: here



Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel