Pemecahan Masalah dalam PGSD


PEMECAHAN MASALAH 

by NURBAITI S.Pd.I, M.Pd


Hasil gambar untuk PGSD


Setelah memahami prosedur penalaran dan beberapa konsep dasar matematika yang disajikan dalam bab-bab sebelumnya, sekarang bagaimana menggunakan penalaran dan konsep-konsep tersebut untuk memecahkan masalah. Bab ini menyajikan pengertian, jenis dan langkah pemecahan masalah. Harapannya adalah agar para mahasiswa PGSD mampu memahami dan memiliki ketrampilan dalam pemecahan masalah yang pada gilirannya nanti dapat mengajarkan pemecahan masalah tersebut pada siswanya. Hal ini didasarkan pada standar kompetensi mata pelajaran matematika SD dan MI yang pada setiap akhir bahasan selalu bermuara pada kemampuan siswa dalam menerapkan konsep-konsep matematika untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. 

A. Masalah dalam Matematika 

Masalah dalam matematika meliputi dua hal, masalah internal dan masalah eksternal. Masalah internal berkenaan dengan pengembangan teori-teori yang ada dalam matematika, artinya bagaimana menggunakan teori-teori yang ada untuk menghasilkan atau membuktikan teori baru dalam matematika. Masalah eksternal berkenaan dengan bagaimana konsep-konsep yang ada dalam matematika dapat diterapkan pada ilmu pengetahuan yang lain atau pada kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya, pemecahan masalah dalam hal ini dimaksudkan sebagai penggunaan matematika untuk memecahkan masalah baik dalam matematika itu sendiri, dalam ilmu pengetahun lain, maupun dalam kehidupan sehari-hari.

1. Pengertian Masalah
Setiap masalah selalu berkenaan dengan suatu pertanyaan, tetapi tidak setiap pertanyaan merupakan masalah. Sebuah pertanyaan merupakan masalah apabila pertanyaan tersebut tidak dapat dijawab atau diselesaikan secara langsung melalui prosedur rutin. Untuk dapat menyelesikan suatu masalah, seseorang harus melakukan seleksi terhadap data informasi yang diperoleh dan mengorganisasikan konsep-konsep yang dimilikinya. Namun apabila seseorang telah berhasil menemukan jawabannya, baik secara mandiri atau melalui bantuan orang lain atau mendapatkan penyelesaiannya dari buku-buku atau sumber yang lain, maka pertanyaan yang sebelumnya merupakan masalah tersebut, sekarang sudah bukan merupakan permasalahan lagi bagi dirinya.

Karena materi ini lumayan panjang, Anda bisa mendonloadnya:     DISINI




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel