Integrator komputer : Pengertian, dan Penjelasan Lengkapnya

Integrator komputer : Pengertian, dan Penjelasan Lengkapnya


Integrator komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data nurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Sedangkan sistem komputer adalah Sistem komputer adalah suatu jaringan elektronik yang terdiri dari perangkat lunak dan perangkat keras yang melakukan tugas tertentu (menerima input, memproses input, menyimpan perintah-perintah, dan menyediakan output dalam bentuk informasi). Selain itu dapat pula diartikan sebagai elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktivitas dengan menggunakan komputer.

Dengan melihat definisi diatas kita bahwa komputer atau yang lebih spesifik sistem komputer terdiri dari tidak hanya suatu mesin atau rangkaian elektronik yang berupa hardware dan software, tetapi juga terdapat user yang mengendalikannya.

Pekerjaan yang dapat dilakukan oleh komputer pun lama kelamaan menjadi sangat banyak dan mencakup banyak hal, hal ini nenyebabkan suatu sistem komputer terpecah menjadi berbagai bidang-bidang komputer lain yang jauh lebih spesifik sesuai dengan tugasnya.

Hal ini tentu berimbas pula pada variasi pekerjaan yang dapat diperoleh dari suatu pembelajaran jurusan bidang komputer yang dapat kita pilih/ambil

Bidang pekerjaan/karir yang dapat anda pertimbangkan setelah menjadi seorang lulusan sistem komputer yang mungkin dapat menarik minat anda :

    Computer Network Engineer/ Data Comunication Engineer

    Sesuai dengan namanya, bidang pekerjaan ini dalam bahasa indonesia berarti insinyur jaringan komputer/insiyur komunikasi data. Pekerjaan ini berfokus pada keahlian dalam perancangan dan pemeliharaan perangkat keras dalam suatu jaringan komputer, Anda harus mampu menangani masalah yang timbul dalam suatu jaringan komputer yang nantinya akan/sudah Anda bangun.

    Jaringan Engineers biasanya memiliki gelar sarjana atau lebih tinggi. Mereka mungkin memiliki magang atau proyek khusus dalam bidang Desain Jaringan dan Rekayasa. Sering ada posisi entry level mulai keluar, dengan tanggung jawab yang semakin besar dan spesialisasi sebagai tahun Anda memperoleh pengalaman dan sertifikasi khusus.

    Jaringan Insinyur biasanya dipromosikan ke tingkat senior insinyur dan dapat fokus secara luas pada daerah-daerah khusus seperti desain, optimasi performa atau keamanan jaringan. Kompensasi untuk Jaringan Engineers yang sangat baik. Banyak pekerjaan yang membayar atas dalam bidang IT di Rekayasa Jaringan. Beberapa Sertifikasi Membayar tertinggi di bidang Teknologi Informasi adalah dalam wilayah Jaringan.

    System Integrator

    System Integrator berarti orang yang mampu mengintegrasikan sistem, dengan kata lain harus memiliki kemampuan dalam menyatukan komponen subsistem dalam keseluruhan dan memastikan bahwa subsistem berfungsi bersama-sama.

    Menurut Institute for Mitra Pendidikan & Pengembangan, sistem integrator tradisional menyadari sekitar 50 persen dari pendapatan dari jasa konsultasi dan 40 persen dari pendapatan dari layanan TI dalam desain, implementasi dan konsultasi pasca-transaksi. Mereka berbeda dari seorang IT Konsultan karena mereka juga mengambil judul produk.

    Sytem Auditor

        Sistem Informasi Certified Auditor (CISA) adalah bidang profesional untuk para profesional teknologi informasi audit yang disponsori oleh Sistem Informasi Audit dan Control Association (ISACA). Lulusan yang masuk dalam bidang ini harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh ISACA.

        Beberapa syaratnya adalah sebagai berikut:

        Maksimal satu tahun pengalaman informasi sistem, atau satu tahun pengalaman audit keuangan atau operasional dapat diganti untuk satu tahun audit sistem informasi, kontrol, atau pengalaman keamanan.
        Selesai 60-120 sks (setara dengan Asosiasi atau gelar Bachelor) dapat diganti untuk satu atau dua tahun, masing-masing, audit sistem informasi, kontrol atau pengalaman keamanan.
        Dua tahun sebagai dosen penuh waktu di bidang terkait (misalnya, ilmu komputer, akuntansi, audit sistem informasi) dapat diganti untuk satu tahun audit sistem informasi, kontrol atau pengalaman keamanan.

    System Programmer

    Sudah jelas bahwa bidang pekerjaan ini berarti Anda harus memiliki kemampuan logika yang cukup bagus dalam membuat suatu program baru. Bidang pekerjaan ini yang menurut saya dirasakan cukup identik jika dikaitkan dengan jurusan ilmu komputer. Banyak orang yang memilih jurusan sistem komputer dan "teman-teman"nya karena ingin menjadi seorang programmer. Tetapi sebelumnya harus dipahami terlebih dahulu, bahwa terdapat 2 jenis programmer, yang pertam adalah aplication programmer dan system programmer.

    Karakteristik utama yang membedakan sistem pemrograman bila dibandingkan dengan pemrograman aplikasi adalah bahwa program aplikasi bertujuan untuk menghasilkan perangkat lunak yang memberikan layanan kepada pengguna (misalnya pengolah kata), sedangkan sistem pemrograman bertujuan untuk menghasilkan perangkat lunak yang memberikan layanan kepada perangkat keras komputer (misalnya disk Defragmenter ).

    System Analyst

    Dalam bidang ini seorang lulusan sistem komputer harus memiliki kemampuan sebagai seorang analis sistem penelitian masalah, rencana solusi, merekomendasikan perangkat lunak dan sistem, dan mengkoordinasikan pembangunan untuk memenuhi persyaratan bisnis atau lainnya. Mereka akan terbiasa dengan beberapa pendekatan untuk memecahkan masalah. Analis sering akrab dengan berbagai bahasa pemrograman, sistem operasi, dan platform perangkat keras komputer. Karena mereka sering menulis permintaan pengguna ke dalam spesifikasi teknis, sistem analis merupakan penghubung antara penjual dan profesional TI. Mereka dapat bertanggung jawab untuk mengembangkan analisis biaya, pertimbangan desain, dan waktu pelaksanaan-baris.

    Selain itu System Analyst juga minimal mempunyai kemampuan dalam berinteraksi dengan pelanggan untuk belajar dan persyaratan dokumen; Berinteraksi dengan desainer untuk memahami keterbatasan perangkat lunak; Memberi bantuan kepada programer selama pengembangan sistem; Melakukan uji coba sistem; Menyebarkan sistem selesai.

    Control Robotic and Embeded

    System Bidang pekerjaan ini menuntut Anda untuk bisa menguasai konsep sistem embedit dan kontrol robotik dengan baik. Selain itu juga pemahaman dan penguasaan dasar elektronika dan dasar bahasa pemograman (baik itu C++, basic compiler, maupun assembler) merupakan hal yang lain yang diperlukan untuk mendukung bidang pekerjaan ini.

    Software Engineer and Database Engineer

    Dalam bidang ini, lulusan sistem komputer dituntuk memiliki ahli dalam Rekayasa Perangkat Lunak yang merupakan profesi dan bidang studi yang didedikasikan untuk merancang, melaksanakan, dan mengubah perangkat lunak sehingga kualitas lebih tinggi, lebih terjangkau, maintainable, dan lebih cepat untuk membangun. Beberapa orang berpendapat bahwa pengembangan piranti lunak adalah seni lebih dari ilmu, dan yang berusaha untuk memaksakan disiplin ilmu teknik di atas jenis seni adalah sia-sia karena apa yang merupakan praktek yang baik dalam penciptaan perangkat lunak bahkan tidak didefinisikan, seperti Steve McConnell, berpendapat bahwa teknik ini perpaduan antara seni dan sains untuk mencapai tujuan-tujuan praktis menyediakan model yang berguna untuk pengembangan perangkat lunak IEEE Computer Society Rekayasa Perangkat Lunak Tubuh Pengetahuan mendefinisikan. "software engineering" sebagai penerapan yang sistematis, pendekatan disiplin, diukur untuk pengembangan, operasi, dan pemeliharaan perangkat lunak, dan studi ini pendekatan, yaitu penerapan rekayasa perangkat lunak.

    Computer Technisian

    Seorang teknisi komputer adalah teknisi elektro arus lemah yang lebih berfokus pada sistem sirkuit digital, sistem komunikasi data pada frekuensi radio, dan elektronika sebagai bagian dari komputer secara menyeluruh. Dari kacamata ilmu komputer, seorang teknisi komputer adalah seorang arsitek perangkat lunak yang memiliki fokus pada interaksi antara perangkat lunakdan program serta komponen perangkat keras pendukungnya.




Materi Terkait:



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel